Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Selasa, 07 November 2017

Apa Bedanya Database dan Database Manajemen Sistem

Posted by Rizal Andriawan on Selasa, 07 November 2017

   Hallo sobat belajar bersama pada postingan kali ini kita akan membahas mengenai Apa sih bedanya database dan database manajemen sistem atau yang biasa disingkat DBMS.


Untuk mengetahui letak bedanya pertama-tama kita harus tahu dulu definisi dari keduanya. Pertama dari database dulu, database atau dalam bahasa indonesianya adalah basis data. Menurut (Yanto, 2016) basis data terdiri dari 2 kata, yaitu basis dan data. Basis dapat diartikan sebagai markas, gudang, tempat berkumpul. Sedangkan data adalah fakta yang mewakili suatu objek seperti manusia, barang, hewan, peristiwa, keadaan dan sebagainya. Adapun basis data adalah tempat berkumpulnya data yang saling berhubungan dalam suatu wadah (organisasi/perusahaan) bertujuan agar dapat mempermudah dan mempercepat untuk pemanggilan atau pemanfaatan kembali data tersebut (Lubis, 2016)
Sekarang devinisi dari Database Manajemen Sistem. Database Management System atau disingkat DBMS adalah perangkat lunak (software) yang berfungsi untuk mengelola database. Mulai dari membuat database itu sendiri, sampai dengan proses yang berlaku dalam database tersebut, baik berupa entry, edit, query terhadap data, membuat laporan dan lain sebagainya secara efektif dan efisien (Yuhefizard, 2008)

Dari kedua definisi yang sudah dijabarkan maka dapat kita tarik kesimpulan bahwa Database dan Database Manajemen Sistem adalah sesuatu yang berbeda. Bedanya dimana? Bedanya Database adalah kumpulan dari data-data yang berkumpul dalam suatu tempat atau Base sedangkan Database Manajemen Sistem adalah software yang digunakan untuk mengelola Database tersebut.

Sekian semoga ilmu kali ini dapat bermanfaat bagi sobat semuanya. SALAM ILMU.



sumber : Yanto, R. (2016). Manajemen Basis Data Menggunakan MySQL. Yogyakarta: Deepublish.
Lubis, A. (2016). Basis Data Dasar. Yogyakarta: Deepublish.
Yuhefizard. (2008). Database Management Menggunakan Microsoft Access 2003. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Previous
« Prev Post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar